The Coconut Tree

Tadi siang engga sengaja de melihat ada seorang anak yang sedang memanjat pohon kelapa dari gedung lantai 2 di kantor de, dan begitu melihat pohon kelapa yang sedang dipenuhi oleh buah kelapanya membuat de larut dalam keheningan melihat filosofi sebuah "Pohon Kelapa" yang penuh dengan MANFAAT, coba kita perhatikan hampir seluruh bagian dari pohon kelapa itu bermanfaat dari daun, pelepah, batang, akar, dan tentu juga buahnya. Maha sempurnanya ALLAH yang telah menciptakan tumbuhan yang 'sempurna' ini, dan bukankah kita sebagai seorang manusia yang notabene mahluk paling sempurna yang diciptakan-Nya harus banyak belajar dari fenomena2 yang terjadi dialam..?? dan belajar dari sebuah pohon kelapa apa salahnya karena sesungguhnya ALLAH tidak pernah menciptakan sesuatu dalam kesiasian tanpa ada manfaatnya, dan kita sebagai manusialah yang mempunyai kewajiban untuk mencari tahu serta memperlajarinya karena akal pikiran itulah yang membedakan manusia dengan mahluk ciptaan-Nya yang lain. Mau tau apa aja sich kira2 manfaat dari bagian Pohon Kelapa..??? Ayo kita sama2 mengetahuinya....!!!
  • Daun, yang pada mau married atau anaknya yang mau disunat pasti dech harus berterimakasih sama daun kelapa soalnyakan dari daun inilah 'Janur Kuning' pertanda ada hajat sedang berlangsung itu terbuat, selain itu daun kelapa juga bisa dibuat atap untuk sebuah bangunan juga dan yang ga kalah hebatnya tulang daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai sapu lidi yang tentunya menjadi teman setianya ibu2 dirumah ^.^ dan tidak berhenti sampe disitu aja manfaatnya, klo yang pada suka banget makan ketupat khusunya pas Lebaran harus bersyukur juga tue karena case ketupatkan juga dari daun kelapa ^.^ (Baru sampe daun aja dah takjub sama pohon kelapa).

  • Batang, batang pohon kelapa ini memiliki tingkat kelenturan yang lumayan tinggi lho dan ga usah ditanya tingkat kekuatannya, oleh karena itu batang pohon kelapa biasanya digunakan untuk membuat jembatan atau pondasi rumah di jaman dahulu sebelum adanya pasir dan semen, dah gitu batang pohon kelapa juga bisa menjadi perabotan rumah tangga yang kuat lagi unik lho seperti kursi, meja, dll.

  • Buah, mungkin inilah yang paling sering kita manfaatkan dari bagian pohon kelapa dan klo menurut dede sich disini pula letak 'kesempurnaanya' karena buah kelapa terdiri dari daging buah, air kelapa,batok/tempurung,dan juga serabut. dan kalo mau dijabarin secara detil manfaat dari bagian2 buah ini mungkin postingan de akan ppuuaaannnnjjaaang banget...!!! jadi de akan sedikit mengulasnya saja disini dan untuk lebih lanjut silahkan cari sendiri di sini, yang pasti hampir semua dari kita pasti suka dech sama kelapa muda karena itu adalah salah satu dari minuman yang menyegarkan serta menyehatkan, dan bukan hanya dagingnya yang masih muda saja yang bermanfaat tapi daging buah yang sudah tua pun tak kalah berguna karena dari sinilah 'santan' tercipta sehingga santan itu berguna sebagai salah satu bahan untuk membuat masakan dan juga bisa dibuat minyak kelapa dari santan ini juga lho, dan engga cuma santannya aja yang berguna tapi ampasnya juga engga kalah hebatnya karena bisa digunakan untuk mengosok lantai semen supaya mengkilap dan ada tips juga untuk yang baru beli 'Coet/Cobek' baru yang berasal dari batu, sebelum digunakan baiknya ulek dulu ampas kelapa didalamnya agar sisa2 dari pemotongan batunya menjadi bersih. Ups...masih ada lagi nie yaitu serabut kelapa yang bisa dibuat sebagai tambang yang kuat, keset, dan bahan bakar pengganti kayu bakar. Untuk yang terakhir yaitu batok kelapa, bagi kita pencinta sate pasti juga tau bahwa arang untuk membakarnya adalah dari batok kelapa dan seperti biasanya batok kelapa juga bisa lho digunakan untuk hiasan barang rumah tangga dan kesenian yang bisa bernilai tinggi. (Subahanallah.....)

Semoga dari penjambaran de diatas ada manfaatnya untuk temen2 yang mampir ke saung de ini, dan marilah kita bersama menyelami segala hikmah dibalik 'Manfaat Pohon Kelapa ini' agar kita dapat belajar sepertinya Pohon Kelapa yang beguna untuk semua *Gaya dosen mode ON* Hehehehehhe...e..e.e.e. dasar dim-dim kaya lagi pidato aja nie tulisannya ^_^

3 comments:

Anonymous said...

Ehm...
MAkin tua makin banyak santennya yah De...??

Anonymous said...

De,
Kelapa dama Kepala sama gak sich..?

*Kabuuur sebelum dilempar buah kepala eh.. kelapa.. :)

Anonymous said...

kok akarnya enggak sekalian sih...

Post a Comment