Diarrhea

Dimusim pengujan biasanya akan timbul berbagai macam penyakit yang timbul juga karenanya, seperti Demam berdarah, Flu, Demam, Masuk Angin, dan juga Diare. Khusus untuk penyakit yang de sebutkan terakhir itu yang akan de bahas, Kenapa?? karena de juga kayaknya lagi kena ntu' penyakit :(

Definisi dari Diare yang de telah cari dikamus penyakit (Mang ada De..??) adalah penyakit buang air besar yang berupa cairan dan biasanya itu berlangsung lebih dari 3 kali sehari dan terjadi kurang lebih 3 hari (klo cepet sembuh) Hhehehhehe...e.e..ee..jadi maksudnya bisa lebih dari 3 hari klo ga sembuh2 juga ^.^

Apa sech bahayanya Diare...??
Diare jelas berbahaya dan bisa menyebabkan kematian terutama bila bayi/balita dan manula yang terserang penyakit ini karena memang merekalah yang paling rentan untuk penyakit jenis ini, dan menurut WHO Diare adalah penyakit penyebab kematian bayi dan balita 1 didunia lho...!!

Kenapa bisa meyebabkan kematian...??
Diare adalah penyakit yang menyerang proses pencernaan, jadi sipenderita akan banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuhnya dan jika tidak segera dihentikan maka sipenderita akan mengalami Dehidrasi dalam tubuhnya dan dengan begitu semua organ dalam tubuh sipenderita akan tidak bisa bekerja dengan baik karena hampir 90% zat tubuh kita adalah air.

Dimusim pengujan begini marilah kita jaga kesehatan diri serta lingkungan kita, karena diare itu disebabkan oleh bakteri dari makanan atau minuman yang tidak bersih, atau parasit yang tertempel ditangan, peralatan makan, botol susu (untuk bayi), dan bisa jadi virus yang berterbangan dari lingkungan yang tidak bersih.

Obat Diare itu apa yaa..??
Emm....yang de tau cuma Oralit, tapi seandainya untuk bayi lebih bagus diberi ASI aja yang cukup ^_^ (Coz case ASI kan steril), dan diusahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat plus minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi. Kalau sudah lebih dari 2 hari sebaiknya mending kedokter aja ^.^ agar tidak semakin parah.

Mulailah untuk menjaga pola makan kita misalnya dengan jangan jajan sembarangan, memperhatikan kebersihan lingkungan, mencuci tangan sebelum makan, memcuci tangan sehabis buang air, mencuci kaki dan tangan juga klo mau pegang dede bayi ^.^, membersihkan selokan air karena jangan sampai banyak sampah sehingga air saluran tidak tergenang, dan yang paling penting adalah POLA HIDUP SEHAT karena dengan begitu bukan hanya Diare yang akan pergi jauh-jauh dari kita tapi juga tentunya penyakit lain.


ps:
Tulisan ini de dedekasikan untuk anaknya tante Eva (Dede aka) yang lagi di R.S karena sakit Diare, dan juga de sendiri yang juga lagi mules2 (-_-)

0 comments:

Post a Comment